Edisi Cetak Diterbitkan PUSTAKA MELAYU Tahun 2005

Selasa, 17 Februari 2009

Juaro 47

SUDAH dua mangkok pindang patin dihabiskan Ahmad Liam. Beberapa tetes kuahnya tumpah di jas hitam yang dipakainya.
Dia ambil dua batang tusuk gigi. Dicukilnya cela beberapa gigi bawahnya yang coklat kehitaman, yang mungkin akibat candu rokok dan kopi.
“Kalau kau menghubungi dari dulu, mungkin urusannya tidak serepot ini. Jadi apa maunya Pak Walikota?” tanya Ahmad Liam, kemudian menyandarkan tubuhnya yang gemuk ke kursi.
Belum keluar jawaban Sofyan, ketua Dewan itu meminta pelayan rumah makan Kembang Manis, tempat mereka makan, menyalakan AC (Air Conditioner).
“Sudah dihidupkan, Pak,” kata pelayan itu.
“Kok masih panas. Coba turunkan lagi suhunya,” kata Ahmad Liam.
“Pak Liam, Pak Wali minta agar Dewan tidak mengeluarkan rekomendasi sampai pengadilan memutuskan gugatan Haji Bakrie kepada warga,” kata Sofyan.
Ahmad Liam manggut-manggut, sekian detik dia menatap Sofyan.
“Jadi, itu saja?”
Sofyan mengangguk.
“Lalu, buat aku dan buat kawan-kawan Dewan lainnya, apa? Kasus ini cukup berat, sebab opininya tidak baik buat kami jika kami mengambil keputusan yang tidak berpihak kepada rakyat,” kata Ahmad Liam.
“Soal itu, tenang saja, Pak. Kami akan beri uang lelah. Untuk Bapak satu batang dan kawan-kawan dewan lainnya setengah batang,” kata Sofyan.
“Maksudmu untuk aku hanya satu miliar?”
Sofyan kembali mengangguk. Ahmad Liam tertawa.
“Uang sebesar itu tidak ada artinya dengan risiko yang kami ambil,” kata Ahmad Liam.
Sofyan termangu.
“Pantasnya berapa?” tanya Sofyan.
“Aku lima batang dan kawan-kawanku mungkin cukup tiga batang,” jawab Ahmad Liam.
Sofyan menarik napas.
“Apa itu tidak terlalu tinggi. Dari mana uang sebanyak itu dimiliki Pak Wali,” kata Sofyan.
Ahmad Liam kembali tertawa.
“Oi, aku ni bukan minta dengan Pak Walikotamu itu. Aku minta dengan bosnya. Oke, aku mau pulang dulu. Kau kan yang bayar makan siang ini,” kata Ahmad Liam.
“Ya, Pak. Sebentar, Pak. Aku telepon dulu beliau,” kata Sofyan.
Sofyan kemudian menghubungi Albert Membara. Dia menjauhi Ahmad Liam sekitar 15 meter.
Dari jauh, Sofyan tampak berulang mengangkat tangan kirinya saat menelepon. Lalu, sekian detik kemudian, dia tersenyum. Buru-buru dia menemui Ahmad Liam.
“Beliau tawar empat batang buat Bapak, dan dua batang buat kawan-kawan Bapak. Cukup kan, Pak. Beliau bilang minta tolong nian, Pak,” kata Sofyan.
Ahmad Liam merangkul Sofyan.
“Oke, aku setuju. Tapi semua uangnya harus diserahkan dulu dengan aku. Jangan kau yang membagikan uangnya ke kawan-kawanku.”
Sofyan mengangguk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar